Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

ilustrasi gambar--

KETIKA tidur, tubuh tidak mendapatkan cukup cairan selama kurang lebih 8 jam. Itulah sebabnya rasa haus wajar terjadi ketika bangun tidur. Segelas air putih kerap dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Namun, tidak sedikit orang yang minum air putih hangat di pagi hari, terutama saat udara dingin atau sedang sakit.

Penelitian yang secara spesifik membahas tentang manfaat minum air hangat di pagi hari memang belum ada. Akan tetapi, banyak orang yang mengatakan bahwa kebiasaan ini bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berbagai Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Ada berbagai manfaat minum air hangat di pagi hari untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh, yaitu:

1. Meredakan hidung tersumbat

Salah satu manfaat minum air hangat di pagi hari adalah meredakan hidung tersumbat, terutama bagi orang yang sedang flu atau pilek. Air hangat menghasilkan uap yang dapat dihirup. Uap tersebut mampu mencairkan lendir dalam hidung dan melegakan pernapasan.

BACA JUGA : Kode Redeem Mobile Legends Terbaru dan Valid di Bulan Oktober 2023

Selain itu, uap dari air hangat juga dapat merilekskan otot dalam rongga sinus, yaitu ruang kosong berisi udara di wajah. Dengan begitu, lendir yang terperangkap di dalamnya lebih mudah keluar dan rasa penuh di wajah, khususnya bagian bawah mata, bisa mereda.

2. Meredakan batuk berdahak

Batuk merupakan respons alami tubuh untuk mengeluarkan kuman atau benda asing dari saluran pernapasan. Agar lebih mudah mengeluarkannya, saluran pernapasan akan mengeluarkan lendir sehingga terjadilah batuk berdahak.

Nah, minum air hangat bisa menjadi salah satu cara alami untuk meredakan batuk berdahak karena mampu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Minum secangkir air hangat di pagi hari juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Air hangat diduga dapat melarutkan makanan yang sulit dicerna di usus dan mengurangi sembelit. Meski begitu, manfaat ini juga bisa diperoleh dengan konsumsi air putih biasa dengan jumlah yang cukup.

BACA JUGA : Rumah Sakit Kartika di Lampung Dikenal Horor, Kadang Sering Muncul Penampakan Sesosok Hantu Perawat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: